Tips Pemasaran melalui Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Sebagai media sosial yang memiliki kekuatan visual, Instagram adalah media sosial yang cocok untuk digunakan pada generasi yang lebih menyukai konten visual daripada verbal
Kebanyakan dari pembaca pasti sudah sangat mengenal Instagram. Media sosial dengan nama Instagram merupakan salah satu media sosial "kelas berat". Instagram memiliki lebih dari 300 juta pengguna, Pada tahun 2013 instagram tumbuh pesat bahkan melebihi pertumbuhan beberapa forum media sosial lainnya seperti Reddit, Pinterest dan Twitter. Instagram bahkan melebihi Facebook yang menjadi perusahaan induk dari instagram sejak April 2012. Pada tahun tersebut perkembangan Instagram tumbuh 23% sementara facebook hanya tumbuh 3%.

Instagram adalah media sosial yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para internet marketers, mengapa demikian?

Instagram menjadi daya tarik tersendiri karena generasi saat ini bisa dibilang bergerak menjauh dari komunikasi verbal, mereka cenderung lebih terpikat kepada media visual. Instagram menyediakan hal tersebut, selain itu Instagram juga sedang dalam pertumbuhan dan memiliki pengguna serta peminat yang cukup banya. Sehingga sebagai seorang Internet marketer tentu hal ini bisa dijadikan momentum untuk mempromosikan bisnis mereka di media sosial tersebut.

Baca juga :
Internet Marketing 

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah "apa yang bisa dilakukan dalam media sosial tersebut?". Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis anda di Instagram:

1. Buat Konten yang Menarik untuk Audiens Anda

Sebagai media terutama visual, Instagram dapat menjadi media untuk melengkapi strategi pemasaran dan iklan di Facebook dan Twitter. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat foto, dan grafis yang menakjubkan sehingga dapat menarik pengunjung dan membawa mereka kepada kita untuk kemudian kita tutup dengan usaha menjual jasa maupun produk kita.

Cara menggunakan Instagram untuk promosi bisa kita lihat dari beberapa contoh, kita bisa melihat apa yang telah dilakukan oleh merek-merek dan perusahaan besar didunia untuk mengoptimalkan akun Instagram mereka, kita bisa melihat apa yang mereka lakukan dalam menggunakan instagram sehingga orang-orang lebih tertarik dengan konten mereka.
Anda bisa membuat gambar dan grafis yang menarik dengan menggunakan berbagai filter gambar yang tersedia. Bahkan sekarang terdapat berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit gambar dengan mudah, aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan untuk melengkapi Instagram anda sehingga memungkinkan anda untuk membuat gambar menjadi snapshot yang tampak hebat.

2. Menarik Pengunjung untuk Terhubung dengan Halaman Bisnis Anda


Instagram memang tidak memungkinkan hyperlink (menyematkan link yang menuju ke halaman bisnis anda) di keterangan foto atau komentar. Tetapi walaupun demikian, anda dapat menempatkan link (150 karakter maksimum) di bagian bio data anda.

Kebanyakan pemasar menggunakan fitur ini untuk menghubungkan halaman Instagram dengan halaman bisnis mereka, atau kehalaman promosi mereka saat ini. Dengan melakukan hal ini anda tetap bisa membuat pengunjung untuk datang ke halaman bisnis anda.

3. Buat Deskripsi Teks yang Menarik

Ketika menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis, anda diharuskan untuk membuat gambar yang bisa menggambarkan bisnis anda dengan jelas dan menarik. Selain itu, karena pesan teks pada Instagram lebih pendek jika di bandingkan dengan Facebook dan Twitter. Anda harus memikirkan apa yang akan anda sampaikan pada deskripsi teks anda, sehingga hal tersebut bisa menarik lebih banyak pengguna dan dan memancing lebih banyak interaksi.

4. Maksimalkan Keterlibatan dan Interaksi Anda Dengan Pemirsa

Salah satu hal yang bisa anda lakukan di Instagram adalah bereksperimen dengan hashtag. Penggunaan hastag adalah untuk meningkatkan visibilitas konten anda, sehingga memudahkan orang lain dalam menemukan foto produk bisnis anda melalui fitur pencarian di instagram. Selain itu, jangan lupa untuk memberitahu orang-orang di website, newsletter, list email, dan pemirsa anda di media sosial lainnya bahwa Anda berada di Instagram. Anda bisa menambahkan tombol Instagram 'Follow' di website anda, dan secara berkala mengirimkan pengingat kepada para pelanggan anda bahwa anda menawarkan konten di sana.
 
5. Terus lakukan analisa secara berkala

Tren di  media sosial bisa muncul dan menghilang dalam sekejap. Sehingga anda harus selalu siap untuk melakukan inovasi dan merubah strategi anda di Instagram. Dengan terus menguji berbagai opsi baru, Anda dapat meningkatkan efisiensi kinerja dan mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari pengunjung.

Selain itu, seperti situs jejaring mainstream lainnya, Instagram menawarkan alat analitik yang membantu anda dalam melakukan analisa terhadap kinerja posting yang anda buat. Gunakan hasil analisa tersebut untuk melakukan penyesuaian dengan foto dan gambar yang anda posting. Faktor yang harus diperhatikan antara lain:
  1. Waktu terbaik untuk melakukan posting foto di Instagram
  2. Frekuensi yang tepat untuk posting Anda
  3. Tingkat keberhasilan hashtags yang berbeda
  4. Kalimat atau kata-kata terbaik yang bisa anda buat di deskripsi
Kesimpulan dari semua pembahasan ini adalah bahwa instagram merupakan salah satu media sosial dalam bentuk internet visual. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa pemirsa anda menjadi pelanggan bisnis anda, kekuatan instagam adalah pada pemilihan gambar dan kualitasnya. Instagram dapat di download secara gratis dari Apple App Store atau melalui Google Play Store.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis Anda
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.