Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis

Ada banyak jenis sosial media yang bisa digunakan untuk bisnis, gunakanlah dengan penuh perencanaan
Jika Anda seorang pemilik suatu usaha, anda mungkin sudah aktif menggunakan media sosial untuk usaha anda. Tetapi, jika anda belum menggunakan media sosial maka saya sarankan anda untuk mulai menggunakan media sosial sebagai media bisnis anda, kenapa karena di dalam media sosial terdapat banyak potensi dan jika kita menggunakannya secara tepat kita bisa menjangkau ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan calon pelanggan.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan dalam menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan bisnis. Tapi, jika ada hal yang bisa dilakukan ada juga beberapa hal yang harus anda hindari jika anda ingin komunitas anda tumbuh dan menggunakan media sosial tersebut untuk membentuk hubungan yang baik dengan para pelanggan anda.

Berikut adalah tujuh hal yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan media sosial untuk bisnis.

1. Tidak melakukan perencanaan

Begitu banyak pemilik usaha kecil menggunakan media sosial untuk bisnisnya karena orang-orang memberitahu mereka bahwa mereka harus menggunakannya, tetapi mereka melewatkan penelitian dan tahap perencanaan terhadap media sosial tersebut. Sama seperti aktivitas pemasaran lainnya, penting untuk meluangkan waktu dalam mempelajari dan mengenal media sosial tempat anda bergabung, menetapkan tujuan dalam penggunaan suatu situs, dan mengembangkan rencana aksi untuk mengembangkan bisnis anda sangatlah diperlukan. Kenapa, hal ini diperlukan? karena pendekatan dan cara promosi yang harus dilakukan berbeda di setiap media sosial. Facebook dan twitter memiliki karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan line dan instagram.

2. Lie atau menyesatkan

Media sosial dapat kita rasakan seperti permainan dimana kita berusaha untuk mendapatkan popularitas. Salah satu cara yang mungkin akan membuat anda tergoda untuk meningkatkan popularitas anda tumbuh dengan cepat adalah dengan untuk membuat persona palsu, membuat identitas, atau membuat berita palsu mengenai sesuatu. Namun Ini tidak pernah menjadi ide yang baik, dan tidak hanya dapat menyakiti reputasi Anda, tetapi juga bisa melukai merek anda dalam jangka panjang.

Misal dalam bisnis content marketing, atau blog, kita bisa membuat artikel dengan judul yang menjebak agar mendapat banyak klik. Kita membuat artikel mengenai cara membuat goreng daging ayam, tapi dengan judul "kasihan sekali mahluk ini disiksa untuk dimakan". Judul itu mungkin membuat orang penasaran, tapi ketika mereka membaca artikel dan isinya lain dari yang mereka harapkan tentu mereka akan kecewa. Alih-alih meningkatkan popularitas anda, hal ini hanya akan merusak reputasi anda.

Buatlah konten yang bermanfaat bagi orang lain, jangan yang menyesatkan dan membuat orang jengkel.

3. Mengabaikan orang Lain

Bertindak seolah-olah anda orang asing di media sosial adalah cara tercepat untuk mencapai kegagalan anda. Hal ini dalam artian anda mengabaikan orang lain, dan tidak berinteraksi dengan mereka.

Terlebih lagi jika media sosial anda yang anda gunakan adalah untuk mempromosikan bisnis anda. Anda akan lebih berhasil bila berinteraksi sedikit lebih personal dengan para pelanggan anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti berterima kasih kepada orang-orang yang telah me-retweets posting anda di twitter dan menyukai posting anda di Facebook, menawarkan keahlian Anda untuk membantu orang lain, dan berbagi sedikit dari sisi pribadi Anda.

4. Melakukan Spam terhadap Follower

Spam tidak hanya untuk e-mail lagi; hal ini juga telah memasuki dunia media sosial. Beberapa bentuk spamming media sosial adalah posting update yang sama berulang-ulang, dan mengirimkan pesan pribadi kepada para follower dan teman setelah diminta untuk berhenti. Hal ini akan membuat reputasi anda menurun di media sosial, dan mungkin membuat anda menjadi sosok yang tidak disukai.

5. Menjadi Vulgar, Menjengkelkan, dan konfrontatif

Salah satu turnoffs terbesar di situs media sosial, terutama di kalangan bisnis, adalah orang-orang yang menyerang pesaing mereka, menjengkelkan atau umumnya ofensif atau menyinggung orang lain. Bila menggunakan media sosial untuk bisnis, penting untuk tetap profesional dan menghindari godaan untuk terus melampiaskan dan menyampaikan keluhan anda secara terbuka. Hal ini juga tidak berhenti pada anda saja, jika Anda memiliki staf atau anggota tim mengelola kehadiran media sosial untuk bisnis anda, anda harus memberikan pelatihan dan panduan yang menetapkan harapan tentang apa yang harus dipasang dan apa yang tidak seharusnya.

6. berbagi Terlalu Banyak

Bila Anda menggunakan media sosial untuk bisnis, menunjukan sedikit kepribadian anda melalui cara yang bagus adalah hal yang tepat untuk memulai percakapan dan membentuk hubungan.

Ada garis tipis, antara menjadi menarik dan berbagi terlalu banyak. Aturan praktis yang baik adalah dengan memikirkan apa yang anda posting adalah seolah-olah merupakan pesan pribadi ke klien yang paling penting. Sehingga anda tidak akan mengatakan sesuatu yang berlebihan jika anda berada di hadapan orang-orang yang berharga dalam bisnis Anda.

7. Hanya Promosikan diri pada setiap Waktu

Mempromosikan diri dan bisnis anda mungkin bagian dari mengapa anda memulai untuk berada di media sosial, tetapi jaringan ini sangat berbeda dari alat pemasaran lainnya. Meskipun Anda dapat dan harus berbagi pengalaman dan nilai bisnis Anda, produk dan jasa, anda harus memulai dengan menyeimbangkan promosi diri anda dengan membantu orang lain. Hal Ini akan membuat teman dan pengikut dalam suatu media sosial lebih mudah menerima posting promosi Anda, dan pengikut Anda memungkin lebih cenderung untuk mempromosikan anda ke jaringan mereka sendiri.

Perlu diingat bahwa ada banyak cara yang berbeda untuk menggunakan media sosial, dan pasti ada aturan tertulis maupun tidak dalam media sosial tersebut agar anda bisa disukai, yah seperti halnya kita berinteraksi dengan orang lain diluar media sosial, ada yang harus dan ada yang tidak boleh dilakuka.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial
Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.