Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda

Banyak media sosial yang bisa digunakan untuk bisnis
Zaman sekarang adalah zaman digital, strategi kita dalam berbisnis pun tentu harus berkembang dan harus mempertimbangkan penggunaan teknologi dalam rencana bisnis kita. Jika, kita tidak memulai untuk menggunakan teknologi maka bisnis kita mungkin tidak akan bertahan lama. Kita harus mulai untuk sadar terhadap internet marketing, terhadap penggunaan media sosial, dan teknologi-teknologi lainnya.

Pemilik usaha yang belum mulai menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya mungkin kewalahan, merasa terintimidasi dan bingung karena banyaknya media sosial. Seperti Twitter, Facebook, Pinterest, Google+, YouTube, Vin

e, Line, Instagram, dan masih banyak lagi media sosial lainnya. Ketika kita menggunakan media sosial tertentu tentu kita harus mempertimbangkan apa yang harus dilakukan dalam menggunakan media sosial untuk berbisnis.

Baca juga :
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran

Berikut adalah tujuh tips untuk membantu anda dalam menggunakan media sosial dan cara mengelola media sosial tersebut dengan efektif.

1. Pilih Salah Satu situs Media sosial untuk Memulai

Kebanyakan usaha kecil yang aktif di media sosial berpartisipasi pada lebih dari satu situs, tetapi dengan menggunakan banyak situs dengan tergesa gesa dapat mencegah Anda dari belajar cara efektif menggunakan setiap situs. Pilih salah satu situs untuk memulai dengan dan fokuskan perhatian anda ke sana pertama sebelum menggunakan yang lain. Pilihlah media sosial yang menurut anda populer, terutama di negara anda. Sebagai misal, facebook atau instagram adalah media sosial yang masih populer di Indonesia.

2. Buat Perencanaan Waktu Penggunaan Media Sosial

Anda bisa dengan mudah menghabiskan berjam-jam setiap hari agar cepat populer pada situs media sosial. Sementara hal tersebut membuat anda kehilangan banyak waktu dan energi , oleh karena itu di perlukannya perencanaan penggunaan waktu dalam menggunakan media sosial dan ingat selalu pelajari dan bereksperimen untuk menggunakan media sosial secara efektif.

Sebagai contoh, mulai lihat kapan media sosial banyak yang menggunakan. Apakah itu pada pagi hari, siang, atau malam hari. Kemudian setelah mengetahui kapan media sosial yang anda pilih ramai digunakan, buatlah jadwal sesuai waktu tersebut.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis

3. Memperjelas Tujuan dan Sasaran Anda Dalam Menggunakan Media Sosial

Setelah Anda tahu berapa banyak waktu yang akan anda habiskan di situs media sosial dan kapan anda akan menghabiskan waktu tersebut. Anda akan perlu memastikan secara jelas tujuan anda, mengenai apa yang ingin anda capai dengan meggunakan media sosial tersebut? dan siapa yang ingin anda capai dengan menggunakan media sosial tersebut?

Memperjelas tujuan dan sasaran, kemudian merencanakan dan melakukan pemeriksaan atas kemajuan bisnis anda setelah anda memulai menggunakan media sosial, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar.

4. Garis Pendekatan Anda

Ada ratusan cara yang berbeda dalam menggunakan situs media sosial untuk bisnis, dan salah satu cara tidak selalu lebih baik daripada cara yang lain. Kuncinya adalah mengetahui apa pendekatan yang akan anda gunakan sebelum Anda mulai. Apakah Anda akan aktif berkomunikasi dengan pelanggan anda? atau anda hanya akan memberikan update berita terbaru mengenai bisnis anda? atau menyajikan campuran antara informasi bisnis dan informasi pribadi? Apakah anda akan mempromosikan bisnis anda menggunakan akun pribadi? atau menggunakan halaman akun bisnis, seperti membuat grup atau sebagainya? atau menggunakan keduanya?

Lakukan yang menurut anda lebih efektif, sebagai misal jika target anda adalah agar terlihat profesional maka anda akan mempromosikan bisnis anda menggunakan halaman akun bisnis. Atau, mungkin anda mempromosikan produk yang harus terjadi transaksi jual-beli, maka pasti anda harus aktif berkomunikasi dengan pelanggan anda, tidak seperti bisnis dalam bidang content atau blogging, mungkin anda tidak perlu membalas setiap komentar pembaca, tetapi anda harus konsisten dalam mengupdate informasi mengenai konten anda.

Banyak pilihan, tergantung bisnis anda, target pasar anda, dan lain sebagainya. Cobalah pendekatan yang menurut anda efektif.

5. Konsisten dalam Mengupdate Berita dan Melengkapi Profil pada Setiap Media Sosial

Masing-masing akun media sosial Anda akan mencakup beberapa jenis profil, termasuk bio, website, blog, lokasi dan headshot. Pastikan untuk benar-benar mengisi profil anda pada setiap situs media sosial yang Anda gunakan. Gunakan kalimat yang simpel tapi menarik untuk membuat anda di kenal di media sosial.

Konsistensi sangat penting ketika datang ke media sosial, terutama ketika anda mulai menggunakan lebih dari satu situs. Tidak hanya harus menyelesaikan profil Anda, tetapi juga merupakan sesuatu yang baik untuk melengkapi data anda sekonsisten mungkin di semua situs media sosial anda. Selain melengkapi profil anda tentu secara konsisten mengupdate berita terbaru mengenai bisnis anda di setiap media sosial yang anda gunakan merupakan hal yang tidak kalah penting.

Hal ini akan membantu dalam pengakuan, jangkauan yang lebih luas, dan komunikasi terus menerus dengan pelanggan yang sama di beberapa media sosial.

6. Amati Seluk Beluk Media Sosial yang Akan Anda Gunakan

Kadang-kadang, cara terbaik untuk memulai menggunakan suatu media sosial baru adalah dengan mendaftar dan kemudian memperhatikan seluk beluk penggunaannya, atau setidaknya dengan memperhatikan orang-orang yang telah menggunakan situs untuk sementara waktu. Setiap situs media sosial memiliki satu set nuansa yang sangat unik, dan itu bisa menjadi langkah yang cerdas sebelum memutuskan bagaimana Anda akan menjadikan situs media sosial tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda.

Misal, ada perbedaan dalam mempromosikan bisnis anda di facebook dan twitter. Di facebook anda bisa masuk berbagai grup dan mempromosikan bisnis anda di grup tersebut, tentu sesuai dengan aturan grup. Di twitter beda lagi, karena anda bisa terkenal dengan memention orang-orang yang sudah terkenal atau menggunakan hashtag. Kedua media sosial tersebut tentu memiliki cara promosi yang berbeda.

7. Gunakan Dashboard Media Sosial

Salah satu tantangan terbesar dengan media sosial adalah manajemen waktu. dashboard media sosial, seperti HootSuite, TweetDeck dan lain lain, dapat membantu Anda mengatur waktu media sosial Anda lebih efektif.

Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk mengatur peringatan dan pemberitahuan, membuat grup, aktivitas skim cepat, dan update jadwal sehingga Anda dapat mengotomatisasi beberapa proses media sosial. Dashboard media sosial dapat membuat proses menggunakan media sosial untuk bisnis lebih efisien.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Shared Content Optimization - Apa dan Mengapa kita Harus Melakukakannya -Bagian 1-
Shared Content Optimization - Apa yang Harus Dilakukan -Bagian 2-

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.