Berbagai Jenis Internet Marketing & Mengapa Kita Harus Mulai Melakukannya

Berbagai jenis internet marketing
Internet marketing merupakan seni dan ilmu menjual produk atau jasa melalui jaringan digital, seperti media sosial, website, e-mail, dan lain sebagainya. Seperti halnya kita dalam memasarkan produk tanpa menggunakan internet, pemasaran melalui internet pun harus menggunakan strategi yang tepat. Sehingga anda bisa menarik minat target pasar anda. 

Saat ini internet marketing menjadi semakin penting untuk membangun suatu jenis usaha, dengan meningkatnya kebiasaan baru masyarakat dalam penggunaan internet pemasaran melalui media merupakan hal penting dan bisa dikatakan bahwa semua bisnis harus mencakup beberapa strategi internet marketing untuk memasarkan produk mereka.

Internet marketing juga tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Internet marketing bahkan bisa dilakukan oleh seseorang, seperti yang dikatakan oleh Neil Patel kita bisa membuat uang sambil tidur, bisa menghasilkan uang walaupun kita tidak pergi ke kantor. Uang yang dihasilkan juga tidak hanya ratusan ribu rupiah tapi bisa hingga ratusan juta.

Baca juga :
Internet Marketing

Banyak contoh orang-orang yang sudah berhasil dalam melakukan internet marketing ini, mereka mendapatkan penghasilan dari menjual produk dan layanan mereka di internet. Jika kita tidak mau bisnis kita tertinggal, kita harus mulai melirik internet marketing dan mengembangkan bisnis kita disana, kita harus mulai sadar dengan perkembangan teknologi.

Jadi apa saja yang bisa kita lakukan dalam internet marketing? Jenis-jenis internet marketing meliputi hal-hal berikut :

1. SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan singkatan SEO. SEO adalah proses dalam mengelola website bisnis. SEO adalah cara yang dilakukan untuk membuat website anda mendapatkan traffic atau pengunjung atau visitor secara natural melalui mesin pencari seperti google, yahoo, atau Bing. SEO dilakukan untuk membuat peringkat website anda berada dalam posisi yang tinggi dalam daftar pencarian.

Sebagai misal, anda membuat website mengenai produk-produk kecantikan atau kosmetik. SEO dilakukan agar website tersebut muncul di halaman pertama mesin pencari ketika pelanggan memasukan kata kunci ke mesin pencari tersebut. Misal, ada calon pelanggan yang memasukan kata kunci "kosmetik murah" di mesin pencari Google, jika anda sudah melakukan SEO dengan benar maka website anda akan muncul pada halaman pertama yang memiliki kemungkinan sangat besar untuk di klik oleh calon pelanggan yang bersangkutan.

SEO bisa dilakukan dengan berbagai cara, dengan membuat backlink, guestpost pada website orang lain, dan lain sebagainya.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimizer)
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian terhadap Mesin Pencari

2. SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau dikenal juga dengan SEM bisa dikatakan merupakan "saudaranya" SEO. Tetapi jika SEO merupakan strategi gratis yang bisa dilakukan oleh siapapun, maka SEM biasa nya melibatkan iklan berbayar pada mesin pencari seperti Google, dan lain sebagainya.

SEM dilakukan dengan membayar pada mesin pencari agar iklan kita ditampilkan di halaman pertama. Sebagai misal anda membayar google untuk mempromosikan website anda, maka google melakukan hal tersebut dan akan menampilkan iklan mengenai website Anda, sehingga mebantu penggunjung atau pengguna internet dalam menemukan website anda.

3. Email Marketing

Strategi internet marketing lainnya adalah dengan menggunakan e-mail. Anda bisa melakukan ini dengan membuat daftar e-mail, lalu setelah anda telah membangun sebuah daftar email pelanggan -pelanggan potensial yang mungkin tertarik pada produk atau jasa anda, anda mengirimkan informasi mengenai produk atau jasa tersebut, dan memberikan update-update informasi terbaru pada mereka langsung melalui e-mail mereka. Pemasaran email adalah cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk-produk anda. karena orang-orang akan tahu mengenai update terbaru dari produk anda.

4. Social Media Marketing

Platform media sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Pinterest merupakan media-media yang bisa dijadikan peluang untuk pemasaran online. Media sosial adalah media percakapan yang memerlukan partisipasi aktif, sehingga dalam media tersebut anda tidak hanya posting iklan suatu produk atau jasa melainkan berpartisipasi secara aktif, melalui media sosial ini anda bisa mempromosikan website dan produk anda sehingga website dan produk anda dapat di kenal lebih luas lagi. Terutama di Indonesia yang memiliki pengguna media sosial yang cukup banyak. Media sosial tersebut bisa dijadikan sebagai media bisnis yang efektif bagi para pebisnis.

Baca juga :
Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda

5. Mobile Marketing

Telepon seluler merupakan satu hal penting dimana semua orang membawanya sepanjang waktu, dengan menggunakan media telepon seluler kita bisa membuat pesan teks dan bentuk-bentuk lain dari iklan mobile untuk menjangkau pelanggan potensial yang mungkin tertarik pada produk kita. Banyak perusahaan yang telah menggunakan strategi ini dengan cara mengirimkan sms yang berisi iklan dari produk mereka kepada ribuan pengguna telepon seluler.

6. Blogging

Memiliki blog bisnis adalah cara lain untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda dan memberikan informasi tentang produk atau jasa kepada mereka. Sebuah blog dapat digunakan untuk memberikan saran dan umpan balik yang berguna. Saat ini telah banyak situs yang telah menjadi penyedia blog gratis sehingga hal tersebut akan lebih memudahkan untuk mengefesiensi kan biaya dalam melakukan pemasaran produk anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
3 Cara untuk Meningkatkan Traffic Website Anda 

1 comment:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.