3 Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Anda bisa meningkatkan traffic situs melalui 3 cara, yaitu dengan pemasaran melalui video, pemasaran melalui blog dan pemasaran melalui forum.
Bisnis online sudah menjadi bisnis yang memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, bisnis online menjanjikan profit yang besar. Sekarang melalui internet, para pebisnis bisa terhubung dengan jutaan calon pelanggan di seluruh dunia yang mungkin akan membeli produk dan jasa mereka. Karena hal ini lah bisnis online menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisnis.

Internet dan bisnis online memang memiliki potensi yang besar. Tapi walaupun demikian, kita tetap harus berusaha untuk bisa sukses dalam bisnis ini. Seperti bisnis pada umumnya, hal yang terpenting dari bisnis online adalah pemasaran. Bagaimana caranya kita sebagai pebisnis bisa menarik banyak orang ke “warung” kita, atau dalam hal ini bagaimana kita bisa menarik pengunjung ke situs kita.

Seperti yang telah dibahas pada banyak artikel sebelumnya, traffic atau pengunjung situs adalah hal terpenting dalam bisnis online. Bagaimana bisa kita menghasilkan uang dari bisnis tersebut, jika situs kita sepi pengunjung. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas satu cara yang dianggap jitu dalam meningkatkan traffic, yaitu dengan menggunakan media sosial. Sekarang kita akan membahas teknik-teknik lain dalam membangun traffic. Yaitu melalui pemasaran video, pemasaran melalui blog, dan pemasaran melalui forum.

1. Pemasaran Melalui Video

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic di website kita adalah dengan melakukan pemasaran melalui video. Akibatkan dari kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk menonton video di mana saja melalui ponsel kita, Sekarang semakin banyak orang yang menonton video melalui internet di situs populer seperti YouTube, Vevo, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan membaca, kebanyakan orang lebih menyukai menonton video, karena menurut mereka, video jauh lebih menarik di bandingkan dengan hanya membaca teks. Banyak situs yang sudah mulai membuat video untuk melengkapi situs web mereka. Video adalah cara yang bagus untuk mempromosikan website anda kepada orang-orang, karena video menawarkan cara yang lebih menarik untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa anda kepada orang orang.

Anda dapat membuat banyak video mengenai berbagai macam hal dan kepentingan untuk situs anda. Banyak orang hanya membuat video pendek sebagai iklan produk saja. Hal tersebut tidaklah salah, namun video yang paling baik adalah video yang di buat untuk memberikan keuntungan dan manfaat bagi pemirsanya. Jenis yang paling umum dari video jenis ini adalah video tutorial di mana orang-orang dapat mengikuti panduan untuk melakukan sesuatu dan hal ini akan memberikan lebih banyak manfaat bagi mereka daripada video jenis iklan.

Orang-orang akan lebih mudah untuk mengikuti contoh dalam melakukan sesuatu dan mengambil manfaat dari video jika dibandingkan dengan panduan yang hanya berbentuk teks. Mereka bisa lebih mengerti jika diberi tutorial melalui video, karena mereka dapat melihat langsung bagaimana seseorang melakukan hal yang mereka cari melalui video tutorial tersebut. Tetapi walaupun demikian, hal ini tentu tergantung pada kualitas presentasi dan cara anda memberikan contoh dalam tutorial tersebut.

Video apa yang akan anda buat itu terserah anda. Tetapi anda harus tetap menyelaraskan video tersebut dengan tujuan anda, yaitu untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs anda. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan menampilkan link website anda di awal dan akhir setiap video, anda juga harus menampilkan link website di bawah video di mana anda dapat menulis deskripsi. 
Jika anda tidak melakukan di atas, maka tak akan ada seorang pun yang bakal mengunjungi situs anda, dan hal tersebut membuat seluruh video yang anda buat menjadi sia-sia. Sekarang bagaimana seseorang bisa mengetahui website anda jika anda tidak membertahukan linknya kepada mereka.

Ada banyak website video yang bisa digunakan untuk mempublikasikan video anda. Hal ini memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan posting dan mempromosikan video anda. Youtube memang situs video yang paling terkenal saat ini, tapi tidak hanya harus YouTube, anda bisa mempublikasikan video anda di situs-situs lainnya. Semakin bagus publisitas video yang anda anda lakukan, maka semakin banyak traffic akan anda dapatkan.

2. Pemasaran Melalui Blog

Ketika anda baru memulai proses untuk meningkatkan traffic yang menuju ke situs anda, mungkin hal pertama yang dianggap cukup sulit adalah bagaimana carany untuk membangun reputasi online yang baik. Sebuah metode yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan reputasi dan eksistensi anda adalah di internet adalah pemasaran melalui blog.

Metode ini dilakukan dengan posting komentar di blog orang lain. Cobalah untuk menemukan blog yang terkait dengan niche anda dan mulailah untuk mengomentari posting-posting yang mereka buat. Hal penting yang harus diingat adalah bahwa anda tidak boleh hanya terang-terangan mempromosikan situs anda. Sebagai misal, memposting komentar "Ayo kunjungi situs saya di www.vchdjwvcdjhvwjh.com". Jangan sekali-kali melakukan hal seperti ini, karena kemungkinan besar, posting anda akan dihapus dan dianggap sebagai spam oleh pemilik blog dan mungkin anda bisa saja di banned.
Sebaliknya, postinglah komentar yang berharga, komentar-komentar yang berkaitan dengan posting yang di buat oleh pemilik blog. Dengan melakukan hal ini, seiring waktu anda akan mulai membangun reputasi sebagai seseorang yang tahu mengenai apa yang mereka bicarakan, seiring dengan waktu reputasi online anda akan menjadi lebih baik.

Pemasaran melalui komentar di blog juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk menghabiskan waktu luang anda. Bukan hanya membaca dan mendapatkan informasi yang berguna yang bisa anda gunakan sebagai bahan postingan anda, tetapi anda juga membangun reputasi online anda.

Semua akan berjalan dengan baik jika anda melakukan hal-hal tersebut, tapi tidak akan lebih baik sebelum anda benar-benar bisa posting link website anda kepada blog mereka. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, melakukan hal ini secara langsung akan membuat anda di banned dari website mereka, tetapi ada cara lain untuk melakukan hal ini. Jika anda bisa membuat reputasi anda bagus, mintalah kepada mereka untuk membiarkan anda menyimpan link di kolom komentar.

Banyak blog menggunakan 'Disqus' yang memungkinkan bagi para pembaca mereka untuk menambahkan komentar. Hal yang baik dari aplikasi 'Disqus' adalah bahwa anda dapat menambahkan link menuju website anda di bawah nama profil anda, dengan cara ini maka setiap kali ada yang mengklik nama anda, hal itu akan membawa mereka menuju website anda.
3. Pemasaran Melalui Forum

Metode ini sangat mirip dengan pemasaran melalui blog dan sangat bagus untuk website baru. Ada banyak forum online mengenai berbagai subjek. Jika anda dapat menemukan sebuah forum online yang membahas khusus terkait dengan niche anda, maka anda dapat mulai untuk membangun reputasi online anda di website tersebut.

Anda bisa mulai membangun reputasi online yang bagus dengan menawarkan informasi yang berguna untuk orang lain di forum tersebut, profil anda akan meningkat dan anda akan dilihat sebagai seorang ahli di bidang anda.

Seperti banyak blog, banyak forum tidak membiarkan anda untuk menempatkan link di situs mereka, atau jika hal tersebut di perbolehkan, banyak di antara mereka akan memberi ijin kepada anda dengan manautkan link yang tidak bisa diklik. Ini disebut No-follow Links. Tetapi walaupun demikian, jika anda melakukan pencarian di mesin pencari, maka anda akan menemukan banyak forum yang menyediakan Do-follow links
Jenis forum ini membiarkan anda berkomentar seperti biasa, dan membiarkan anda menambahkan link dalam signature anda sehingga orang orang yang berada di forum tersebut dapat secara langsung menuju ke website anda. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah back link yang menuju ke situs web anda, dan membantu anda untuk peringkat lebih tinggi di search engine. 

Banyak teknik dan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic menuju situs anda. Hal yang menentukan apakah cara ini akan berhasil atau tidak adalah seberapa keras usaha anda untuk mencapai hal tersebut. Karena, bisnis online juga memerlukan usaha yang keras dan cerdas untuk bisa sukses dan mendapatkan penghasilan yang banyak.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.