Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)


SEO adalah dunia yang kompleks, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri. Pahami inti dari SEO dan banyak berlatih bisa membuat anda menjadi ahli didalamnya
Anda mulai tertarik untuk melakukan bisnis online, dan anda sudah membuat website, ataupun blog yang terkait dengan produk atau jasa yang anda jual. Ketika anda mencari tahu mengenai apa yang harus anda lakukan untuk website anda, mungkin anda akan menemukan banyak istilah asing yang baru saja anda dengar.

Sebagai misal istilah SEO atau disebut juga dengan Search Engine Optimization. Bagi para pemula mungkin masih banyak yang bingung mengenai istilah ini, tapi tidak masalah, saya pun pernah berada disana. Bagi para webmaster tidak ada salahnya untuk kembali membaca dan mungkin memberikan tambahan dan berbagai pengalaman anda dalam SEO.

Pertanyaan paling dasar terkait dengan SEO adalah, Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO adalah dasar dari pemasaran yang berfokus pada pertumbuhan visibilitas secara alami pada hasil mesin pencari. SEO adalah bagaimana cara kita memasarkan website kita agar muncul di halaman atas mesin pencari, sehingga mudah dilihat oleh pengguna mesin pencari.

SEO melibatkan unsur-unsur teknis dan kreatif yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat, pengunjung atau dikenal juga dengan istilah traffic, dan meningkatkan kesadaran mesin pencari terhadap situs kita. Ada banyak aspek yang bisa dilakukan untuk SEO, mulai dari penggunaan kata-kata di halaman anda, bagaimana cara anda agar situs lain mau menempatkan link menuju web anda dan memastikan situs anda terstruktur dengan cara yang di pahami oleh mesin pencari.

SEO bukan hanya tentang membangun situs yang "bersahabat " dengan mesin pencari, tetapi SEO juga adalah tentang membuat situs yang nyaman dan bersahabat dengan orang-orang dan pemirsa yang berkunjung ke situs anda.

Kami sudah membuat beberapa artikel untuk menggambarkan semua bidang SEO dan teknik-teknik apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan peringkat halaman anda di mata mesin pencari, mulai dari menemukan istilah dan frase atau kata kunci yang menghasilkan lalu lintas ke situs web anda, bagaimana cara membuat situs anda "ramah" untuk mesin pencari dan para pemirsa situs anda, serta bagaimana caranya untuk membangun link dan pemasaran yang unik untuk situs anda.

Sekarang mungkin kita sudah lebih tergambar mengenai apa itu SEO. Pertanyaan selanjutnya adalah Mengapa website saya perlu SEO?

Sebagian besar traffic atau dengan kata lain pengunjung web didapatkan melalui mesin pencari utama seperti Google, Bing, dan Yahoo!. Meskipun media sosial dan jenis-jenis lalu lintas lainnya dapat menghasilkan traffic juga ke situs anda, namun mesin pencari adalah navigasi utama untuk sebagian besar pengguna internet, sehingga pasti sebagian besar pengunjung anda adalah melalui mesin pencari. Hal ini berlaku bagi setiap jenis website, apakah situs anda menyediakan konten, layanan, produk, informasi, atau tentang apa pun. Situs anda tetap memerlukan SEO.

Mesin pencari itu sangat unik, mereka memberikan pemirsa yang tertarget kepada situs anda, yaitu pemirsa-pemirsa yang memang sedang mencari layanan produk atau jasa yang anda tawarkan. Mesin pencari adalah "jalan raya" yang bisa mendatangkan banyak pengunjung "bernilai tinggi", yaitu pengunjung terfokus. Jika mesin pencari tidak dapat menemukan situs anda, atau menambahkan konten anda ke database mereka, maka anda akan kehilangan kesempatan yang luar biasa besar untuk mengarahkan pengunjung ke situs anda. 

Pengunjung tertarget yang datang ke situs web dapat memberikan publisitas, pendapatan, dan paparan melebihi saluran pemasaran lainnya. Investasi yang anda lakukan untuk SEO dapat memiliki tingkat pengembalian yang luar biasa jika dibandingkan dengan jenis pemasaran dan jenis promosi lainnya.

Baca juga :
5 Lalu Lintas Besar untuk Website Anda

Dengan membaca mengenai penjelasan diatas, kita paling tidak sudah mengetahui bagaimana pentingnya SEO untuk situs yang kita kelola. Pertanyaan selanjutnya adalah Mengapa mesin pencari tidak tahu situs saya jika saya tidak melakukan SEO?

Mesin pencari itu sangat pintar, namun mereka masih membutuhkan bantuan. Mesin pencari utama seperti Google, Bing, atau Yahoo! selalu bekerja untuk meningkatkan teknologi mereka dalam menjelajahi web lebih dalam untuk kepentingan pengguna, sehingga mereka bisa memberikan informasi yang tepat, yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna.

Tetapi walaupun demikian, ada batasan mengenai bagaimana mesin pencari dapat beroperasi dengan sempurna. Pada saat itulah SEO sangat bermanfaat baik untuk mesin pencari maupun untuk kita sebagai pengelola website, Penggunaan SEO yang tepat dapat memberikan anda ribuan pengunjung dan meningkatkan perhatian orang-orang terhadap website anda.

Kenapa? karena melalui SEO mesin pencari akan sadar dengan keberadaan situ yang anda kelola, dan hal itu akan membuat anda mendapatkan kesempatan lebih untuk mendapatkan banyak pengunjung melalui mesin pencari. Sedangkan langkah yang salah dalam melakukan SEO dapat menyembunyikan dan mengubur situs anda jauh di dalam hasil pencarian, sehingga orang-orang tidak akan pernah menemukan situs anda.

Selain membuat konten anda terindeks dan masuk database mesin pencari, SEO juga bisa membantu meningkatkan peringkat halaman anda di mata mesin pencari, sehingga konten yang anda buat akan ditempatkan di halaman pertama mesin pencari dan akan lebih mudah di temukan oleh pengguna. Bisnis melalui Internet menjadi semakin kompetitif, dan perusahaan-perusahaan yang melakukan SEO akan medapatkan keuntungan lebih melalui peningkatan pengunjung dan pelanggan.

Baca juga :
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari

Sekarang kita sampai pada pertanyaan terakhir yang mungkin anda tanyakan, Dapatkah saya melakukan SEO sendiri?

Dunia SEO adalah dunia yang cukup kompleks, tetapi kebanyakan orang dapat dengan mudah untuk memahami dasar-dasarnya. Bahkan pengetahuan kecil saja mengenai SEO dapat membuat perbedaan yang cukup besar bagi website anda. Sekarang banyak bahasan gratis mengenai SEO, dan anda bisa menemukan artikel atau bahasan tersebut di internet. Salah satunya termasuk panduan yang sedang anda baca saat ini. Kombinasikan hal yang anda pelajari saat ini dengan sedikit latihan, maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik untuk website anda.

Keberhasilan website anda tergantung pada komitmen dan waktu yang anda berikan baginya, kemauan anda untuk belajar mengenai apa saja yang berguna bagi situs anda, dan yang terakhir adalah kompleksitas website anda. Melihat berbagai faktor diatas, mungkin tidak ada salahnya juga bagi anda untuk memutuskan menggunakan tenaga seorang ahli untuk menangani hal-hal tersebut untuk anda.

Praktek dari SEO sangat bervariasi; beberapa memiliki fokus yang sangat khusus, sementara yang lain mengambil pendekatan yang lebih luas dan lebih umum, namun dalam kasus apapun, akan lebih baik jika anda memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep inti dari SEO itu sendiri. Akhir kata, selamat belajar mengenai SEO dan selamat berbisnis online :)

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
8 Teknik SEO On-Page (Part 1)
8 Teknik SEO On-Page (Part 2)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.