Cara Terbaik Mendapatkan Promosi Website Gratis


Promosi website gratis bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, selama anda mau meluangkan waktu dan menghabiskan tenaga untuk melakukan hal tersebut.
Anda ingin promosi website dengan gratis? Anda ingin bisnis online anda terkenal tanpa harus melakukan apapun? Sayangnya hal tersebut tidak mungkin anda dapatkan. Dalam bisnis ataupun dalam kehidupan, tidak ada yang namanya "gratis".

Hal yang perlu diingat ketika anda berbisnis, dan hal yang harus anda ingat mengenai promosi adalah bahwa tidak akan pernah ada promosi yang benar-benar gratis. Jika Anda tidak menghabiskan uang untuk mempromosikan website yang anda kelola, maka anda akan harus siap meluangkan waktu dan siap menghabiskan energi anda untuk hal tersebut.

Dengan meluangkan waktu dan berusaha keras untuk promosi, setidaknya anda tidak harus menghabiskan banyak uang untuk promosi. Anda bisa mempromosikan website anda dengan gratis jika anda siap melakukan kedua hal tersebut, bahkan anda bisa mulai usaha online, dengan menggunakan modal yang sedikit.

Berikut adalah lima teknik promosi website gratis yang bisa meningkatkan traffic dan lalu lintas untuk situs anda.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Seperti yang telah penulis bahas pada banyak artikel sebelumnya, SEO adalah hal yang sangat penting untuk mempromosikan website anda dan belum ada yang mengalahkan SEO sebagai salah satu teknik untuk memasarkan dan mempromosikan website anda.

Dunia SEO adalah dunia yang cukup kompleks. Tetapi walaupun demikian, selama anda memahami inti dari apa yang harus anda lakukan dan anda terus melatih hal tersebut, anda bisa melakukan SEO seorang diri. Melalui SEO, Anda dapat meningkatkan peringkat halaman di mata mesin pencari dan hal tersebut akan mendatangkan traffic atau pengunjung ke situs Anda.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engin Optimization)

2. Mendapatkan Backlink

Backlink adalah salah satu dari teknik SEO, tapi backlink juga sebenarnya salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan website dengan gratis. Lalu apa yang dimaksud dengan backlink? Backlink adalah menempatkan link menuju situs anda pada situs milik orang lain. Dengan melakukan hal ini, selain mempromosikan produk dan jasa anda melalui link tersebut, anda juga bisa meningkatkan peringkat halaman anda di mata mesin pencari.

Perlu diketahui bahwa kualitas link yang di hubungkan melalui backlink harus benar-benar di perhatikan. Jadi Anda harus memfokuskan upaya anda untuk menghubungkan situs anda pada situs berkualitas yang relevan dengan niche anda. Anda bisa meminta izin pada mereka untuk menempelkan alamat situs anda baik itu di komentar, ataupun meminta rekomendasi dari pemiliki situs.

3. Tulis artikel


Jangan malas untuk menulis artikel. Menulis sebuah artikel dan kemudian menawarkan artikel tersebut secara gratis ke berbagai website, blog, majalah, dan lain sebagainya akan berakhir dengan uraian yang mempromosikan anda dan website anda. Menulis artikel dengan kualitas memuaskan bisa menunjukan bahwa anda tahu mengenai apa yang anda bicarakan, dan hal itu bisa menunjukan kualitas anda, serta mempromosikan website yang anda kelola.

Strategi promosi ini bertujuan bahwa jika artikel anda dipublikasikan di situs-situs populer yang bagus dan berumur panjang atau dipublikasikan di majalah terkenal, maka mereka akan mempromosikan website anda untuk waktu yang sangat lama. Anda harus bisa menulis dengan baik mengenai topik-topik yang sedang populer dan dibutuhkan oleh orang lain.

4. Gunakan Media Sosial untuk Mengarahkan Traffic ke Situs Anda.

Media sosial bukan hanya tempat yang bagus berhubungan dengan teman dan keluarga. Sekali lagi, seperti yang telah banyak dibahas di berbagai artikel sebelumnya, media sosial merupakan "senjata" yang sangat ampuh untuk mempromosikan website atau bisnis. Media sosial memiliki potensi yang besar bagi bisnis anda karena begitu banyak orang yang menggunakan media sosial.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pengguna internet menghabiskan 21,3% dari waktu mereka di jejaring sosial. Penelitian ini dilakukan di Amerika sehingga datanya pun data dari negara tersebut, berdasarkan penelitian itu rata-rata pengguna internet di AS menghabiskan waktu sekitar 33 jam per bulan di Internet dan sekitar 8 jam di media sosial. Data ini mungkin tidak begitu jauh dengan apa yang terjadi di negara kita.

Dengan berpartisipasi di media sosial, dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan promosi website secara gratis dengan potensi yang sangat besar. Media sosial menarik berbagai jenis orang, setiap media sosial memiliki penggemar dan karakteristik masing-masing. Karena itu sebelum anda menginvestasikan waktu untuk menggunakan media sosial tertentu dan membangun suat komunitas didalamnya, pastikan anda telah memilih platform yang tepat untuk tujuan pemasaran anda.

Baca juga :
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial

5. Buat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah inti utama dari semua teknik tersebut. Tak satu pun dari teknik di atas akan bekerja dengan baik jika anda tidak memiliki konten yang berkualitas, semua teknik di atas tidak akan berguna jika anda tidak memiliki konten yang dinginkan para pengguna. Jadi di hal utama yang harus anda lakukan di website anda adalah menyajikan konten yang relevan dengan kualitas bagus untuk target pasar anda.

Pada dasarnya untuk mendapatkan konten berkualitas cukup mudah, anda bisa menulisnya sendiri, atau jika anda merasa anda tidak mampu melakukan hal tersebut, anda bisa menyewa penulis atau blogger tamu, tergantung pada anggaran serta waktu dan kemampuan yang anda miliki. Saya menyarankan anda untuk tetap berlatih menulis, karena inti dari membuat website adalah itu.
Menjadi anggota aktif dari komunitas blogging juga merupakan cara yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah website, membangun jaringan dan link dengan orang lain. Dan tentu saja, blog anda harus kaya dengan kata kunci untuk meningkatkan Search Engine Optimization situs yang anda kelola.

Kebanyakan blog memberikan fasilitas untuk membuat komentar pada posting sehingga anda harus meluangkan waktu untuk mengomentari pos dan memberikan komentar yang relevan. Ini merupakan kesempatan lainnya untuk mempromosikan diri dan website Anda secara gratis shingga anda semakin dikenal di komunitas blogging.
Cara-cara diatas bukan hanya satu-satunya cara untuk mendapatkan promosi website dengan gratis. Tapi, cara ini adalah terbaik menurut penulis, dan jika anda berkonsentrasi untuk melakukannya secara konsisten selama periode waktu tertentu, maka hal tersebut akan memberikan peningkatan lalu lintas ke situs yang anda miliki.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Dasar-Dasar Pemasaran untuk Meningkatkan Pelanggan bagi Bisnis Kecil
Strategi Internet Marketing

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.