Cara Search Engine Beroperasi

Search engine bekerja dengan dua fungsi utama yaitu crawling dan indexing serta memberikan jawaban kepada pengguna melalui database yang mereka miliki.
Search engine seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya memiliki beberapa fungsi utama: yaitu crawl, membangun indeks, dan memberi tahu pengguna mengenai peringkat pada halaman website yang relevan dengan apa yang dicari oleh mereka. Jika kita sebagai pengguna mencari informasi mengenai "tahu bulat" maka search engine akan memberikan banyak halaman yang sudah diberi peringkat berdasarkan relevansinya dengan informasi yang kita cari.

Sebagai seseorang yang bergelut dalam bidang internet marketing, bisnis online, dan hal-hal lain yang terkait dengan bisnis melalui internet tentu kita harus mengenal bagaimana cara search engine beroperasi, sehingga kita bisa paham apa yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan website kita dan membuatnya mendapatkan peringkat yang tinggi di mata mesin pencari.

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi utama pada search engine, seperti google, yahoo, bing, dsb:

1. Crawling dan Indexing

Kita harus membayangkan internet atau World Wide Web sebagai suatu jaringan pemberhentian atau suatu jaringan stasiun-stasiun kereta suatu kota besar. Setiap pemberhentian, setiap stasiun memiliki karakter-karakter tersendiri, jika kita kaitkan dengan internet maka setiap halaman dalam internet memiliki dokumen-dokumen yang unik (biasanya halaman web memiliki artikel, berita, tapi kadang-kadang PDF, JPG, atau berbagai file lainnya).

Mesin pencari atau search engine membutuhkan cara untuk "merayapi" seluruh kota besar tersebut dan menemukan semua dokumen yang terdapat di "kota" tersebut. Cara terbaik yang mereka bisa gunakan adalah melalui jalur link. Jalan terbaik yang bisa mereka gunakan adalah dengan melewati satu halaman yang terhubung dengan halaman lainnya.

Bagi search engine link adalah jalan terbaik dan tercepat untuk merayapi semua dokumen yang ada di kota tersebut. Hal ini disebabkan karena link merupakan struktur dari World Wide Web yang menghubungkan halaman-halaman yang tersebar menjadi satu kesatuan. 

Sekalinya search engine menemukan halaman-halaman tersebut, mereka menyimpannya dalam suatu database yang besar dan akan digunakan untuk kemudian hari. Data-data tersebut akan digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai apa yang mereka cari.

Search Engine tersebut harus bekerja secara cepat dalam memberikan informasi kepada pengguna, karena keterlambatan satu atau dua detik saja bisa membuat pengguna merasa tidak nyaman dan akan mengurangi kepercayaan mereka terhadap search engine yang bersangkutan.

Baca juga :
Teknik SEO On-Page (Part 1)
Teknik SEO On-Page (Part 2)

2. Memberikan Jawaban

Search engine adalah suatu mesin penjawab. Ketika seseorang melakukan pencarian di internet pada suatu mesin pencari, mesin pencari yang bersangkutan akan memeriksa miliaran dokumen yang ada pada seluruh "tubuhnya", setelah itu mereka akan melakukan dua hal:

Pertama, search engine hanya akan memunculkan website, halaman, dan blog yang relevan kata-kata atau frase yang digunakan pengguna untuk mencari suatu informasi

Kedua, search engine akan memunculkan website, halaman, dan blog sesuai dengan urutan peringkat berdasarkan popularitas situs yang memberikan informasi sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Intinya apa yang dilakukan oleh search engine adalah memberikan jawaban atas permintaan pengguna, search engine memberikan daftar halaman yang relevan dengan informasi yang dicari oleh pengguna. Search engine mengambil berbagai halaman tersebut dari database yang sudah disiapkan sebelumnya, dan diurutkan berdasarkan relevansi dan popularitas halaman, website, dan blog yang bersangkutan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh seseorang yang bergelut dalam bidang internet marketing adalah dengan melakukan proses SEO dengan tujuan untuk mempengaruhi relevansi dan popularitas dari situs yang mereka kelola.

Jika demikian, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana search engine menentukan relevansi dan popularitas dari suatu website?

Bagi search engine, yang dimaksud dengan relevansi adalah tidak hanya menemukan halaman dengan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Memang pada awal berkembangnya search engine, mereka hanya melakukan hal sederhana ini -cocok dengan kata-kata yang dicari- untuk menentukan relevansi suatu halaman, sehingga dulu nilai dan informasi yang didapatkan oleh pengguna tidaklah begitu berharga.

Selama bertahun-tahun berikutnya, search engine pun terus berkembang dan para mekanik-mekanik hebat telah menemukan cara yang lebih baik untuk mencocokkan hasil pencarian dengan apa yang dicari oleh pengguna. Sehingga hari ini, terdapat ratusan faktor yang dapat mempengaruhi relevansi, dan penulis akan membahas hal faktor-faktor penting itu pada kesempatan lain.

Search engine biasanya berasumsi bahwa website, halaman, dokumen, blog yang populer adalah situs-situs yang mengandung informasi berharga bagi pengguna. Search engine menganggap bahwa semakin populer suatu situs, maka semakin berharga informasi yang mereka miliki. Asumsi ini telah terbukti cukup berhasil di lihat dari kepuasan pengguna terhadap hasil pencarian.

Search engine tidak menentukan popularitas dan relevansi secara manual. Hal yang benar-benar hebat jika para pekerja di search engine yang bersangkutan bisa melakukan hal tersebut. Sebaliknya, para pekerja di search engine yang bersangkutan menggunakan suatu rumus matematika, atau disebut juga dengan nama algoritma untuk menyortir relevansi dari situs situs tersebut. Kemudian, setelah mereka berhasil menyortir situs-situs sesuai dengan relevansinya mereka memberikan peringkat pada situs-situs tersebut sesuai dengan kualitas dan popularitas mereka.

Akhir kata, search engine bekerja dengan cara merayapi world web wide untuk menemukan halaman, website, blog, dan lain sebagainya. Mereka merayapi web melalui jalan terbaik yaitu link. Setelah mereka menemukan semua halaman, mereka membuat data base terkait halaman-halaman dan dokumen-dokumen tersebut yang kemudian mereka beri peringkat berdasarkan relevansi dan popularitas. Proses ini lah yang dilakukan oleh search engine dalam memberikan informasi kepada para pengguna.

Kita sebagai orang-orang yang bergelut dalam internet marketing tentu harus memahami hal ini dan memanfaatkan informasi ini untuk mengoptimalkan situs yang kita buat.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.