10 Taktik SEO Untuk Meningkatkan Ranking Website Anda

Dengan melakukan Search Engine Optimization (SEO), anda akan meningkatkan peringkat website anda di search engine dan mendapatkan lebih banyak pengunjung
Saya percaya bahwa Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang wajib bagi setiap website, baik itu website yang dibuat untuk menghasilkan uang atau bahkan website yang hanya dibuat untuk memberikan informasi.

Kita hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga saja jika website yang kita buat dan kita pelihara tidak ada yang mengunjungi. Satu hal yang sangat sia-sia jika kita membuat banyak artikel dan tidak satupun orang membacanya. Karena itulah kita harus menggunakan SEO, fungsi utama dari SEO adalah untuk memenuhi tujuan utama website anda dengan mengarahkan traffic dan pengunjung menuju situs anda.

SEO atau search engine optimization secara singkat adalah menerapkan beberapa metode pada website kita, sehingga website kita bekerja sesuai dengan bagaimana cara search engine mengatur jutaan website di seluruh Internet.  Jika website kita bekerja sesuai dengan search engine, maka kemungkinan kita muncul dihalaman pertama pada search engine tersebut akan meningkat.

Baca juga :

Search engine tentu ingin memberikan konten yang terbaik dan yang paling relevan bagi penggunanya. Untuk melakukan hal itu, search engine akan menganalisa semua situs yang telah mereka indeks dan telah mereka beri peringkat sesuai dengan seberapa baik situs tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengguna mereka.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peringkat website:
  1. Kode website - Judul tag, tag deskripsi meta, tag header, dll
  2. Struktur website - Internal linking, sitemaps, server host, dll
  3. Kualitas konten – ditulis dengan baik, fresh, termasuk kata kunci yang relevan, dll
  4. Kualitas link - Link dari situs yang relevan, jumlah link, dll
  5. Kredibilitas - Link dari situs dengan situs yang memiliki otoritas, dan telah lama, dll
  6. Share sosial - Jumlah share, share dari figur otoritas, dll
Jika semua faktor-faktor diatas sudah sesuai dengan cara kerja search engine maka hal tersebut akan akan membuat peringkat website meningkat di mata search engine. Semakin tinggi peringkat website, semakin tinggi kemungkinan website kita ditemukan oleh pengguna internet. Karena pada kenyataannya, orang yang menggunakan search engine cenderung hanya melakukan klik dan mengunjungi website-website yang muncul di halaman pertama.

Baca juga :
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari

Jika kita sudah memiliki pemahaman tentang bagaimana search engine bekerja dan bagaimana mereka memberikan peringkat pada suatu situs. Hal tersebut akan membuat memberikan gambaran kepada kita mengenai apa yang harus kita lakukan. Berikut adalah 10 taktik SEO jitu untuk meningkatkan peringkat website anda di search engine.

1. Menulis Konten Unik

Mempublikasikan konten berkualitas baik adalah salah satu faktor yang paling penting dalam menentukan peringkat website. Anda harus selalu membuat konten yang fresh, serta informasi unik yang bisa membuat orang lain tertarik. Tentu saja anda harus memasukkan kata kunci yang relevan, karena itu salah satu hal yang sangat penting agar konten anda terindeks oleh search engine.

2. Memasukkan Kata kunci dalam Judul

Buatlah judul yang "pintar", yang bisa membuat orang penasaran, dan membuat mereka ingin membaca artikel anda. Tapi ingat jangan buat judul yang menipu, karena judul seperti itu tidak "pintar" dan membuat kepercayaan orang terhadap anda menurun.

Buatlah judul yang menarik dengan menambahkan kata kunci yang relevan. Kenapa? Karena search engine akan mendahulukan judul daripada konten. Search Engine dapat "memprediksi" mengenai isi artikel dengan menganalisa judul tersebut. Memiliki kata kunci yang relevan akan membuat konten anda lebih mudah mendapatkan peringkat yang baik, dan memudahkan pengunjung potensial untuk menemukan situs anda di search engine.

3. Mengoptimalkan Tag Judul


Melakukan pengoptimalan terhadap tittle tag atau tag judul adalah dengan melakukan analisa secara menyeluruh terhadap tag judul halaman website anda. Hal ini perlu dilakukan karena tag judul juga dibaca juga oleh mesin pencari sehingga anda harus mengoptimalkannya dengan baik dan mengeditnya sesuai dengan deskripsi yang tepat.

4. Mengoptimalkan Inbound Link 

Inbound link adalah link dari satu halaman menuju halaman lainnya. Baik itu bersifat backlink yang menghubungkan satu website dengan website lainnya maupun internal link yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya pada satu website yang sama. 

Inbound link sangat penting dalam meningkatkan peringkat website anda, karena seperti yang telah dikatakan pada artikel sebelumnya, search engine bekerja dengan merayapi setiap link tersebut. inbound link akan jauh lebih bermanfaat lagi jika kata-kata atau tag yang di gunakan untuk menunjukan likn tersebut telah dioptimalkan juga. 

Tag yang dioptimalkan akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai link yang sebenarnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda tidak hanya menulis deskripsi umum seperti "klik di sini", tapi anda bisa menuliskan judul artikel yang sebelumnya anda berikan penjelasan terlebih dahulu.

Baca juga :
8 Teknik SEO On-Page (Part 1)
8 Teknik SEO On-Page (Part 2)

5. Mengoptimalkan Meta Description

Meta description
adalah uraian yang berada di bawah link website anda ketika website anda muncul pada hasil pencarian di search engine. Tulislah deskripsi singkat dengan menyertakan kata kunci yang relevan dengan website anda sehingga mesin pencari dapat mengindeks dan merayapinya.

Mengoptimalkan meta description akan membuat pengunjung lebih mudah untuk mengetahui dengan jelas mengenai tema website yang anda kelola, dan hal tersebut akan membuat mereka terdorong untuk mengklik dan mengunjungi website anda.

6. Berkomitmen untuk Jadwal Publishing

Membuat konten yang fresh adalah satu hal yang penting, membuat konten fresh secara konsisten adalah sesuatu yang lebih penting lagi. Komitmen untuk mempublish artikel bagus secara konsisten adalah hal yang menurut penulis paling sulit, tapi hal ini adalah kunci untuk menjaga relevansi situs anda. Berlatihlah terus untuk meningkatkan kualits konten yang anda buat, dan tetap konsisten dalam mempublikasikannya.

7. Menggunakan SiteMaps

Membuat sitemap yang di kirim ke mesin pencari akan menjamin bahwa halaman website anda terindeks oleh mesin pencari. Perhatikan bahwa kebanyakan mesin pencari hanya bisa masuk hingga tiga level link internal, jadi pastikan tidak ada halaman website anda yang hanya dapat dicapai dengan mengklik lebih dari 3 link, karena halaman tersebut tidak akan diindeks oleh mesin pencari.

8. Menghindari Kata Kunci yang Kompetitif
Kata kunci yang Sederhana dan luas seperti "manajemen bisnis" atau "tips pemasaran" sangat kompetitif untuk di gunakan, karena situs yang sudah mapan sudah banyak menggunakan kata kunci tersebut, sehingga sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi dengan menggunakan kata kunci tersebut, terutama jika website anda adalah website baru. Gunakan kata kunci yang lebih panjang seperti "kiat pemasaran untuk bisnis teknologi " sehingga dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik.

9. Memaksimalkan Kata Kunci

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari suatu kata kunci anda, gunakan seluruh kata kunci maupun frase yang bersangkutan dalam konten, judul, profil, dan deskripsi anda. Jika mereka memiliki akronim, gunakan pula akronim tersebut. Hal ini dilakukan sebagai taktik ketika pemirsa melakukan pencarian pada search engine dengan menggunakan istilah yang lain. Dengan memasukan semua bentuk kata kunci dan frase yang relevan anda bisa mendapatkan target pemirsa yang lebih banyak.

10. Selalu Update Dengan Perubahan Algoritma Search Engine

Search engine selalu mengubah algoritma mereka untuk menjaga penyalah gunaan teknik SEO. Apa yang berguna saat ini dapat menjadi tidak berguna di masa yang akan datang, sehingga cara terbaik untuk memastikan peringkat tinggi secara konsisten adalah untuk selalu up to date dengan perubahan algoritma mesin pencari. Cobalah untuk bergabung dengan forum atau komunitas lain yang fokus terhadap mesin pencari untuk menjaga agar informasi Anda mengenai search engine selalu up to date.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.