Shared Content Optimization : Apa yang Harus Dilakukan -Bagian 2-

Tampilan yang menarik adalah salah satu strategi yang bisa digunakan dalam SCO
Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa yang dimaksud dengan Shared Content Optimization atau SCO dan bagaimana kita membuat konten SCO. Secara singkat SCO adalah strategi dimana kita membuat konten dengan tujuan agar orang tertarik untuk membagikan konten tersebut di media sosial yang mereka gunakan. Beberapa cara disarankan untuk membuat konten seperti ini, yaitu dengan menggunakan grafis dan Call to Action (CTA), atau secara langsung mengajak pemirsa kita untuk berbagi konten tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja yang harus dilakukan selain menggunakan grafis dan CTA untuk menjalankan strategi ini.   

Mengoptimalkan Saluran untuk Memaksimalkan Share

Data dan analisa sangat penting untuk mengoptimalkan saluran anda sehingga share bisa dimaksimalkan. Salah satu pertimbangan yang paling penting untuk dilakukan analisa adalah dengan mempertimbangkan lokasi dan kebiasaan audiens, hal tersebut dapat membantu anda untuk menentukan jadwal yang tepat serta saluran apa yang akan dipilih.

Hampir setiap saluran media sosial menawarkan beberapa bentuk data analitik. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang demografi target seperti usia, pendapatan, pendidikan, status perkawinan, dan lain sebagainya. Hal ini dapat bergunan sebagai bahan pertimbangan ketika anda akan melakukan update di media sosial yang anda pilih.

Selain itu, anda juga dapat menemukan data mengenai posting yang berkinerja terbaik. Data ini akan membantu anda untuk memahami jenis konten yang paling sesuai dengan audiens. Setelah anda memiliki pemahaman yang kuat tentang audiens, konten yang berkinerja terbaik, dan waktu untuk mempublikasikan konten, strategi dapat di fokuskan pada SCO, berdasarkan preferensi audiens.

Mengotomatisasi proses share akan meningkatkan produktivitas bagi anda. Pertimbangkan untuk menggunakan alat-alat seperti HubSpot Sosial Inbox untuk mempublikasikan artikel, sehingga memungkinkan anda untuk merencanakan strategi sosial hanya dengan menggunakan satu platform yang mudah digunakan.

Memilih Saluran Media Sosial Terbaik

Jangan tergoda untuk mempromosikan konten pada setiap saluran media sosial, karena metode ini bisa jadi kontra produktif. Anda harus memfokuskan waktu dan energi mereka anda pada platform media sosial yang memberikan interaksi audiens dan keuntungan terbaik.

Saluran media sosial terbaik adalah media sosial yang menawarkan interaksi pelanggan, komentar, dan share, hal tersebut harus menjadi fokus utama dari strategi pemasaran anda dalam media sosial.

Setelah saluran media sosial terbaik ditetapkan, anda dapat fokus untuk mengoptimalkan konten dengan metode terbaik untuk platform tersebut, dengan cara mempublikasikan tulisan pada saat jam sibuk, menggunakan hashtags yang relevan, serta grafis dengan ukuran yang sesuai.

Meningkatkan Keberhasilan Share dengan Shared Content Optimization

Shared Content Optimization tidak berakhir hanya dengan grafis dan hashtags. Hal lain yang bisa di lakukan adalah dengan meminta audiens untuk berbagi konten, karena hal tersebut dapat membantu meningkatkan tayangan.

Hal terbaik dari semua, adalah bahwa mengajak mereka untuk berbagi  bisa langsung dimasukkan ke visual, sehingga anda tidak hanya meminta share atau me-retweet dengan menggunakan teks. Cara lain untuk meningkatkan berbagi kesuksesan adalah untuk membuat konten dengan ukuran yang kecil. konten dengan ukuran kecil akan mudah untuk di gunakan dan hal itu disukai oleh audienss karena memudahkan mereka untuk untuk memindai dan share.

Perlu diingat bahwa rentang perhatian rata-rata orang dewasa hanya 8,25 detik, sehingga anda menghadapi tantangan untuk menciptakan konten yang mudah diserap namun menarik.

Ada beberapa cara untuk konten yang mudah dicerna oleh pemirsa, sebagai contoh :
  1. Mempromosikan iklan besar dengan konten kecil yang mudah di serap
  2. Membuat konten candaan
  3. Membagikan kembali konten tentang produk anda yang dimasukan oleh pengguna
  4. Menumbuhkan rasa penasaran audiens dengan konten yang bisa membuat audiens bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya
Terakhir, anda juga dapat menambahkan konten yang di sarankan untuk meningkatkan share. Hal Ini membantu untuk lebih mempromosikan konten yang ada, serta dapat meningkatkan ketertarikan audiens untuk share di media sosial.

Memotivasi Auidens untuk Share di Media Sosial


Sayangnya, hanya dengan meminta kepada audiens untuk share di media sosial kadang-kadang tidak cukup. Namun, masih ada cara untuk menarik perhatian audiens dan memotivasi mereka untuk melakukan share konten yang anda buat di media sosial mereka.

Salah satu metode yang dapat di gunakan adalah dengan menambahkan sisi manusiawi anda misalnya dengan memasukan emoticon dalam posting anda, hal ini akan menambahkan tampilan visual konten anda semakin menarik.dan meningkatkan perhatian audiens kepada brand anda

Gambar selalu menjadi metode terbaik dalam meningkatkan share sosial. Tidak dapat di pungkiri kekuatan media visual dapat mengoptimalkan dan mempromosikan konten yang anda buat. Selain itu banyak penelitian telah menunjukkan bahwa media visual dapat membuat konten dilihat lebih banyak dari pada hanya dengan menggunakan teks.

Mempromosikan Konten yang telah Dioptimalkan

Setelah konten siap untuk di tayangkan, inilah saatnya untuk menguji strategi shared content optimization yang anda lakukan.

Publikasikan konten yang anda buat pada saluran media sosial gratis dan uji lah dengan konsisten apakah strategi anda bekerja dengan baik. Lakukan penelitian tentang demografi pada setiap platform, dan lakukan peninjauan terhadap postingan anda secara konsisten.

Selain itu, selalu ada pilihan lain untuk meningkatkan tayangan. Yaitu melaui platform yang menyediakan iklan berbayar. Iklan melalui Facebook bisa dikatakan relatif murah, tetapi dapat memberikan hasil yang bagus. Namun anda harus berhati-hati ketika mengoptimalkan konten melalui iklan berbayar, anda harus pastikan bahwa kata kunci serta demografi yang ditargetkan sudah tepat sehingga dapat menghasilkan yang terbaik.

Bagian terakhir yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan konten anda adalah dengan merekomendasikan konten yang anda buat pada saluran distribusi konten. Hal ini akan membantu mempromosikan kerja keras anda kepada banyak orang, sehingga konten anda dapat tersebar lebih luas.

Akhirnya, pembahasan kita mengenai SCO berakhir disini. Media sosial adalah "senjata" hebat yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten-konten yang anda buat. Tapi walaupun demikian, anda harus tetap mengoptimisasi setiap konten yang anda publikasikan di media sosial sehingga orang tertarik untuk datang ke website anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Shared Content Optimization : Apa dan Mengapa Kita Harus Melakukannya -Bagian 1-
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.