Cara Membuat Konten SEO tanpa Merugikan Pengguna

Cara terbaik menulis konten SEO adalah dengan mempertimbangkan kegunaan bagi pengunjung dan agar mudah dirayapi oleh search engine
Tujuan utama dari setiap website adalah untuk mendapatkan peringkat tertinggi di SERPs Google (Search Engine Results Pages) ketika dicari kata / Frase kunci tertentu. Bagi sebagian besar situs, terutama situs toko dan situs perusahaan yang menawarkan jasa, masuk peringkat 3 di halaman pertama SERPs sudah menjadi sesuatu yang sangat hebat, walaupun tentu sebaiknya website tersebut berada di peringkat 1.

Sudah merupakan sesuatu hal yang pasti bawha masuk di peringkat 1, bahkan masuk ke halaman 1 bukanlah hal yang mudah terutama ketika kita bersaing di luasnya samudra internet dengan banyaknya website-website yang mungkin lebih canggih. Tapi tentu dengan terus berusaha dan terus belajar hal tersebut akan mampu untuk kita atasi.

Para ahli mengatakan bahwa ada dua hal utama yang mempengaruhi peringkat suatu website di SERPs Google, yaitu konten website dan backlink. Itulah alasannya mengapa begitu penting bagi kita untuk belajar bagaimana menulis konten yang dioptimalkan bagi mesin pencari, untuk bisa membuat konten yang di-SEO.

Konten dan backlink merupakan dua hal yang penting. Jika salah satu dari dua elemen tertinggal, maka umumnya website tersebut tidak akan mendapatkan hasil yang positif. Ini berarti bahwa tidak peduli berapa banyak kualitas backlink yang di miliki oleh sebuah situs, tetap saja situs tersebut akan tenggelam dalam hasil pencarian Google, jika terdapat kesalahan SEO (Search Engine Optimization) pada kontennya.

Perlu disebutkan bahwa mayoritas pencipta konten dan copywriter, serta pemilik situs dan administrator, benci kata SEO. Namun, bagaimanapun SEO merupakan "aturan main" jika situs kita ingin memiliki peringkat yang baik. Search engine optimization (SEO) perlu diperhitungkan saat membuat konten.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat konten SEO tanpa mengganggu pengguna.

1. Jangan Berlebihan


Search engine optimization (SEO), merupakan hal yang penting. Tetapi walaupun demikian, fokus yang berlebihan pada SEO akan membuat konten yang anda buat terlihat berantakan bagi pengunjung. Anda harus menyadari bahwa pengunjung situs tidak peduli dengan SEO yang anda lakukan. Mereka datang untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.

Pengunjung akan bertahan lama di dalam suatu situs tergantung pada apa yang mereka temukan di sana. Dengan demikian, jika anda bermasuk untuk memenuhi isi artikel hanya dengan kata kunci atau frase tertentu saja, hal tersebut bukan merupakan ide yang baik.

Hal itu mungkin saja memberikan petunjuk pada Google bahwa artikel yang anda buat adalah terkait dengan kata kunci tertentu. Tapi bagaimanapun, setiap teks harus user friendly, harus bisa dibaca oleh penggunan, harus bisa membuat mereka nyaman, dan harus terlihat alami.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat konten adalah memikirkan keseimbangan antara pembaca dan search engine. Apapun teknik SEO On-Page yang diterapkan, hal yang harus diingat bahwa artikel harus berguna dan terbaca oleh pengunjung Anda.

2. Kata kunci & Frase

Ada rahasia kecil untuk membantu Google memahami kata kunci pada halaman atau artikel yang anda buat. Hal yang biasanya dianjurkan adalah untuk menggunakan kata kunci utama pada paragraf awal, judul, subpos, dll. Seperti yang telah disebutkan di atas, jangan menggunakan kata atau frase kunci secara berlebihan karena hal ini akan membuat situs dihukum oleh Google. Pemakaian kata kunci yang dianggap normal adalah 3%.

Menggunakan font yang ditebalkan atau dimiringkan pada kata kunci tertentu adalah cara lain untuk membantu Google dalam melakukan indeks halaman anda, karena mesin pencari memberikan perhatian khusus untuk teks berformat.

3. Cara Menulis Konten SEO

Webmaster sering menggunakan berbagai teknik SEO On-Page untuk meningkatkan visibilitas website pada search engine, berikut adalah beberapa hal yang harus menjadi fokus anda pada saat menulis konten :

Judul - Tidak hanya pengunjung yang memperhatikan judul anda, mesin pencari pun melakukan hal yang sama! Menggunakan kata kunci/Frase unik pada judul halaman/judul posting anda merupakan hal yang sangat penting.

Meta Description - Seperti halnya pada judul, meta description yang ada di bawah nama halaman pada SERPs juga mempengaruhi pengunjung dalam memilih untuk mengunjungi atau tidak mengunjungi website anda. Menggunakan meta description akan membantu pengunjung agar bisa mengidentifikasi isi konten utama anda. Dengan demikian, meta description anda harus informatif dan mudah dibaca, serta harus memasukan kata kunci utama / Frase unik yang anda tuju.

Baca juga :
8 Teknik SEO On-Page (Part 1)
8 Teknik SEO On-Page (Part 2)
Sebuah contoh dari hasil pencarian anda yang akan terlihat di Google SERPs adalah seperti berikut ini:

Tag H1-H6, hal ini merupakan subpos dan sub judul. Penggunaan kata kunci di tag H1 dan H2 adalah penggunaan yang sangat dianjurkan. Selain berguna untuk Search Engine Optimization (SEO), hal itu pun akan menarik perhatian pengunjung dan bisa memberikan penekanan pada bagian-bagian tertentu dari artikel yang anda buat.

Internal link - Disarankan untuk membuat link ke halaman lain di situs anda. Hal ini bisa membantu untuk membuat pengunjung bertahan lebih lama di situs anda karena mereka terus membaca artikel-artikel yang lain. Internal link juga bisa memberikan manfaat tambahan untuk search engine agar dapat mengindeks situs anda dengan lebih efisien.

Eksternal link – Membuat link eksternal ke situs berkualitas (situs-situs dengan PageRank tinggi) merupakan hal yang positif untuk mempengaruhi kredibilitas konten anda, serta meningkatkan SEO. Misalnya, dengan merujuk ke situs seperti YouTube, Facebook atau Twitter jelas merupakan suatu ide yang baik, terutama ketika situs yang menjadi link tersebut berhubungan dengan konten anda. Backlink ke wikipedia juga akan memberikan keuntungan bagi visibilitas situs serta membuat halaman lebih informatif bagi pengunjung.

Konten Layout – jangan menulis dengan banyak paragraf karena hal tersebut bisa berdampak negatif untuk pembaca konten anda. Buatlah konten yang pendek namun jelas serta lebih mudah untuk di baca.

Menggunakan gambar merupakan hal yang baik untuk SEO, anda dapat menggunakan kata kunci dalam judul gambar dan alt tag. Hal ini akan membantu menggambarkan jalan pemikiran anda, sehingga pengunjung bisa lebih memahami konten yang sedang anda tulis.

Konten SEO yang user friendly merupakan kunci utama untuk promosi website. Bahkan website dengan desain yang sangat baik atau dengan produk dan jasa yang bagus, bisa saja mengalami masalah untuk mencapai peringkat puncak di Google SERPs karena cara penulisan kontennya (berdasarkan sudut pandang Search Engine Optimization (SEO)) yang buruk.

Anda bisa menemukan beberapa situs dengan desain biasa, dan anda dapat menemukan mereka dimana-mana. Kenapa hal ini bisa terjadi? hal ini terjadi karena situs tersebut memiliki peringkat yang sangat baik di mata search engine. Selain bisa ditemukan dimana-mana, memiliki website yang baik secara SEO akan membantu anda untuk mendapatkan pengunjung-pengunjung yang potensial.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
5 Sumber Lalu Lintas Besar untuk Website Anda
3 Alat untuk Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog Anda 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.