Cara Agar Halaman Website Cepat Terindeks oleh Search Engine

Cara agar halaman website cepat terindeks oleh search engine utama seperti Google, Yahoo, dan Bing adalah dengan Mengirimkannya pada search engine tersebut
Salah satu hal yang dianggap sangat penting bagi orang-orang yang bergerak dalam internet marketing adalah bagaimana cara membuat website mereka muncul pada halaman pertama hasil pencarian search engine. Hal ini dilakukan karena sebagian besar pengunjung terfokus bisa didapatkan dari hasil pencarian search engine.

Sebelum mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine, tentu website harus bisa dikenali terlebih dahulu oleh search engine. Membuat halaman website yang mereka kelola dikenali dan muncul pada hasil pencarian search engine adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para internet marketer.

Lalu pertanyaannya adalah, Bagaimana cara agar halaman web saya muncul pada halaman hasil mesin pencari? Bagaimana cara agar halaman web saya dikenali oleh search engine? Bagaimana cara agar halaman saya terindeks oleh search engine?

Hal yang sangat penting bagi para internet marketer untuk bisa membuat website mereka terdaftar di search engine seperti Google, Yahoo!, dan Bing. Mendaftarkan website kepada search engine adalah cara terbaik untuk menarik pengunjung terfokus ke situs anda.

Dalam posting ini, anda akan melihat bagaimana cara untuk membuat website anda muncul pada setiap search engine utama, selain itu anda juga akan mempelajari apa yang search engine perhatikan dari website anda, sehingga informasi tersebut bisa membantu anda untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di mata search engine. Dengan mengetahui hal-hal tersebut anda akan mengetahui apa yang harus ditingkatkan dari konten dan website anda.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

Hal yang harus kita pelajari terlebih dahulu adalah, Bagaimana search engine memberikan peringkat untuk situs anda?

Sekarang, sebelum kita membahas bagaimana cara untuk mengirimkan website anda ke mesin pencari utama, penting bagi anda untuk megetahui hal-hal dasar yang search engine cari dari website anda untuk menentukan peringkat website tersebut.

Semakin tinggi peringkat anda di Google, Bing & Yahoo!, semakin banyak pengunjung yang akan anda terima. Terdaptar di search engine saja tidak cukup untuk menarik pengunjung ke situs anda, maka oleh karena itu anda harus mengoptimalkan situs anda pada search engine agar mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Setiap search engine bekerja secara berbeda. Hal ini karena masing-masing search engine menggunakan algoritma yang unik dan berbeda untuk menentukan peringkat halaman suatu website. Pada umumnya, algoritma pada search engine akan menganalisa dan memperhitungkan beberapa hal. Yaitu, Halaman Judul, meta description, kata kunci dalam konten yang anda buat, jumlah inbound links, bouncing rate, dll. Terlihat rumit? namun jangan khawatir, karena sebenarnya hal tersebut tidak serumit kelihatannya.

Baca juga :
8 Teknik SEO On-Page (Part 1)
8 Teknik SEO On-Page (Part 2)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masing-masing search engine bekerja dengan cara yang berbeda. Salah satu search engine mungkin akan memprioritaskan jumlah pengunjung yang datang ke halaman anda, dan search engine yang lainnya mungkin akan lebih memperhitungkan kata kunci yang ada pada konten anda.

Anda tidak perlu untuk terlalu khawatir tentang aspek mana yang lebih penting, selama anda tahu hal-hal apa saja yang diperhatikan oleh search engine, anda dapat mengoptimalkan website yang anda kelola untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Baca juga :
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari

Pertanyaan selanjutnya setelah anda mengetahui bagaimana search engine bekerja adalah, Bagaimana Cara Agar Website Saya Terdaftar dan Muncul di Search Engine? Apakah Saya Harus Mengirimkan Situs Saya Kepada Search Engine?

Semua mesin pencari menggunakan program yang disebut 'Spider' untuk merayapi web. Program ini bertugas untuk mencari konten baru di internet yang kemudian ditambahkan ke database mereka atau menjadi index mereka. Ketika orang-orang melakukan pencarian di search engine, hasil yang mereka cari adalah berasal dari database ini, sehingga sangat penting untuk situs anda terdaftar pada database ini.

Secara teknis sebetulnya anda tidak perlu mengirimkan situs anda ke mesin pencari, seiring waktu search engine akan menemukan situs anda dengan merayapi internet. Namun, menunggu proses merayapi tersebut bisa memakan waktu. Menunggu website anda dirayapi oleh search engine mungkin akan membuat anda kehilangan potensi pengunjung.

Anda bisa mempercepat proses ini, yaitu dengan mengirimkan situs anda ke mesin pencari. Dengan melakukan hal ini anda akan mempercepat proses perayapan, dan anda bisa cepat terindeks oleh search engine, hal ini berarti anda sudah ada di database mereka dan tinggal melanjutkan optimisasi website agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Cara untuk mendaftarkan website anda pada search engine ada pada artikel dibawah ini :
Cara Submit Artikel dan Situs Anda Pada Search Engine Utama

Buatlah Sitemap XML

Ketika mesin pencari menjelajah suatu website, mereka akan mencari 'Sitemap' situs. Sitemap merupakan halaman yang berisi daftar semua link URL dari website tersebut.

Mesin pencari menggunakan Sitemap untuk melihat konten baru dari website yang bersangkutan, sehingga dengan melakukan hal ini, search engine dapat menjaga database mereka tetap up to date. Jadi, ketika Anda mempublikasikan posting atau halaman baru di website anda, maka posting dan halaman tersebut akan muncul pada sitemap website anda, hal ini lah yang akan dilihat oleh search engine.

Sekarang, anda bisa membuat sitemap anda sendiri secara manual, namun hal tersebut lumayan rumit. Saya merekomendasikan anda untuk menginstal plugin 'Google XML Sitemaps' untuk WordPress.

Plugin ini akan membuat sitemap XML khusus untuk semua website anda. Plugin ini juga mendukung semua jenis halaman yang dihasilkan WordPress dan juga mendukung URL kustom. Plugin ini akan secara otomatis memberitahukan semua mesin pencari utama yaitu Google, Bing, Yahoo setiap kali anda membuat posting baru.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.