Cara Submit Artikel dan Situs Anda Pada Search Engine Utama

Daftarkan halaman dan situs anda ke google melalui sitemap yang terdapat di google webmaster tools


Submit artikel atau website merupakan salah satu bagian penting dari search engine optimization (SEO). Pengertian dari submit artikel atau website secara singkat adalah memberitahukan pada search engine bahwa anda telah menerbitkan konten baru, atau memperbaiki halaman anda, memperbaiki link di dalam website anda, dan lain sebagainya.

Sehingga dengan memberitahukan bahwa website anda telah melakukan up-date, maka search engine akan segera merayapi website anda, melihat perubahan apa yang anda lakukan atau melihat konten baru apa yang anda munculkan, lalu kemudian mereka memasukan konten tersebut kedalam database mereka. Ini hal yang penting, "masuk ke database mereka" merupakan langkah awal untuk mengoptimisasi website dan konten anda. Karena jika website anda belum masuk ke database mereka maka sampai kapanpun anda tidak akan ditemukan di search engine yang bersangkutan.

Sebenarnya proses mengindeks dan memasukan suatu website kedalam database dilakukan secara otomatis oleh search engine. Tetapi walaupun demikian, hal tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bagi anda sebagai seorang internet marketer tentu hal itu tidak menguntungkan, karena dalam penungguan tersebut bisa saja anda kehilangan para pelanggan potensial.

Baca juga :
Cara Agar Halaman Website Cepat Terindeks Oleh Search Engine
 
Lalu pertanyaan yang tepat adalah bagaimana saya mensubmit konten saya? dan kepada siapa saja saya harus mensubmit konten saya? 
 
Search Engine paling pertama yang harus anda submit adalah Google. Kenapa? karena Google adalah "raja search engine", Google adalah situs yang paling banyak digunakan di planet ini. Dia merajai search engine karena dia digunakan untuk miliaran pencarian setiap harinya. Inilah sebabnya mengapa jika anda memutuskan hanya akan mengirimkan situs anda ke salah satu mesin pencari, pastikan bahwa itu adalah Google.
 
Berikut adalah langkah yang bisa anda lakukan untuk mengirimkan situs anda ke Google :
 
Pertama, anda harus masuk dengan menggunakan akun 'Google Webmaster Tools', lalu kemudian klik 'Add Site'. Pada bagian yang kosong, masukkan URL website yang anda kelola. Anda hanya cukup untuk memasukan URL page home website anda dan anda tidak perlu memasukan setiap halaman dari website yang anda kelola.
 
Untuk menyelesaikan proses tersebut anda akan diminta untuk melakukan 'Verifikasi Kepemilikan' sehingga Google tahu bahwa situs tersebut benar-benar milik anda dan bukan milik orang lain.
 
Untuk memverifikasi situs anda, yang anda harus lakukan adalah mengupload file HTML ke server anda'. File HTML ini adalah file yang unik dari Google dan berisi kode ID unik yang sesuai dengan situs anda. Setelah di-upload, anda dapat memverifikasi situs anda dan Google akan melihat bahwa anda telah menambahkan file HTML.
 
Tapi anda juga bisa memverifikasi dengan cara lain, yaitu dengan cara memilih alternate method. Beberapa cara untuk memverifikasi yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan menambahkan kode meta HTML ke template anda, atau jika anda menggunakan google analytics maka anda bisa langsung memverifikasi bahwa situs tersebut adalah situs milik anda.
 
Sekarang anda sudah terdaftar di Google Webmaster Tools, hal yang harus anda lakukan sekarang yaitu menambah sitemap anda pada dashboard 'Webmaster Tools'. Setelah melakukan semua langkah diatas, sekarang anda bisa melihat situs anda pada dashboard ‘Webmaster Tools‘. Jika anda mengkliknya maka anda akan dibawa ke halaman yang menunjukkan statistik mengenai situs anda. (Dashboard ini akan menjadi sangat berguna ketika situs anda mulai mempunyai peringkat).
 
Nah anda sudah berhasil melakukannya, sekarang ketika anda menambahkan konten baru ke situs anda, sitemaps anda akan secara otomatis diperbarui melalui 'Google XML Sitemaps' plugin, yang juga akan secara otomatis menginformasikan Google bahwa anda memiliki konten baru. 
 
Kirim Situs Anda Kepada Bing / Yahoo! 
 
Sekarang anda sudah berhasil mengirimkan situs anda ke Google. Jangan berhenti disana, daftarkan juga situs anda kepada kedua search engine  terkenal lainnya, yaitu Bing dan Yahoo!. Caranya adalah sebagai berikut :  
 
Mesin pencari Bing dan Yahoo merupakan mitra antara satu sama lain, sehingga yang anda perlu lakukan adalah cukup dengan mengatur account 'Bing Webmaster Tools' dan mengirimkan sitemap anda, maka anda akan tercantum di kedua database search engine Bing dan Yahoo!.
 
Langkah-langkah yang dilakukan mirip dengan proses sebelumnya. Yaitu, sebelum anda bisa menggunakannya tools tersebut, anda harus mendaftarkan account anda ke 'Bing Webmaster', dan langkah yang dilakukan pun sama halnya seperti ketika anda mendaftarkan account anda ke Google 'Webmaster Tools.
 
Setelah mendaftar Bing Webmaster Tools, anda dapat mengklik 'Add Site', dengan menambahkan URL situs anda lalu anda akan di minta untuk verifikasi bahwa anda adalah pemilik situs tersebut. Download file HTML dari Bing dan upload ke server anda, lalu verifikasi situs anda, seperti yang anda lakukan sebelumnya.
 
Terakhir, Anda perlu menambahkan sitemap anda. Klik website anda pada Bing dashboard kemudian masuk ke; Crawl> Sitemaps (XML, Atom, RSS)> Add Feed dan pilih Bing mengarah ke sitemap anda. 
 
Mengapa Hanya Kirim Situs ke Google, Yahoo & Bing? 
 
Anda dapat mengirimkan situs anda ke mesin pencari lain seperti; Ask, AOL, MSN Search, dll . tapi walaupun demikian, dalam hal ini anda cukup mengirimkan situs anda ke Google, Yahoo & Bing. Penyebabnya adalah karena sebagian besar lalu lintas berasal dari tiga search engine ini (Google, Bing dan Yahoo!), kemudia jika situs anda sudah masuk menjadi database dari tiga search engine terbesar ini, maka pada akhirnya situs anda pun akan terdaftar pada mesin pencari lainnya. 
 
Langkah berikutnya - SEO 
 
Sekarang anda sudah terdaftar pada ketiga mesin pencari utama. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, hanya terdaftar di mesin pencari saja tidak akan menjamin lalu lintas megarah kepada situs anda. Anda harus mengoptimalkan halaman web Anda dengan teknik On-Page SEO untuk membuat peringkat halaman anda menjadi tinggi, sehingga halaman anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian pada search engine (SERPs). Semakin tinggi anda mendapat peringkat, semakin banyak lalu lintas yang dapat anda hasilkan.
 
Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.