8 Teknik SEO On-Page (Part 1)

On-Page SEO adalah mengoptimalkan website dan blog anda dari dalam
Sangat banyak orang yang mulai membuat blog ataupun website dan lebih banyak lagi orang-orang yang sudah cukup lama dalam menjalankan hal tersebut. Hal yang menjadi masalah adalah bahwa sebagian dari mereka masih belum mengetahui apa yang dimaksud SEO dan bagaimana cara melakukannya.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah mengenai bagaimana anda membangun suatu halaman web dan menerapkan teknik-teknik tertentu untuk membantu web tersebut dalam mencapai peringkat yang tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERPs). Semakin tinggi peringkat halaman anda Google / Bing / Yahoo / dll, maka semakin banyak pula traffic atau pengunjung yang menuju ke situs anda.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

SEO dapat dibagi menjadi dua kategori terpisah; On-Page SEO & Off-Page SEO.

On-Page SEO mengacu pada semua hal yang dapat anda lakukan DI DALAM website, yaitu bagaimana cara anda untuk membuat dan mendesain website anda untuk mendapatakan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencari. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam On-Page SEO adalah mendesain judul halaman sedemikian rupa, menerapkan link internal yang sesuai, membuat meta tag & deskripsi, serta hal-hal lainnya yang dapat membuat website ataupun blog anda mendapat peringkat yang lebih tinggi dalam mesin pencari.

Off-Page SEO mengacu pada semua hal yang dapat anda lakukan DI LUAR website, yaitu bagaimana cara anda untuk mempromosikan website Anda, sehingga website anda menjadi lebih terpercaya dan hal ini bisa membuat anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencari. Hal yang bisa dilakukan untuk Off-Page SEO adalah dengan mempromosikannya pada jaringan sosial, mendaftarkan artikel pada berbagai forum & blog marketing, serta hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk mempromosikan website anda dan menjadikan website anda lebih terpercaya.

Pada posting hari ini kita secara khusus akan membahas mengenai On-Page SEO dan beberapa cara On-Page SEO yang dianggap paling efektif untuk meningkatkan peringkat website ataupun blog anda di mesin pencari.

1. Judul Halaman

Judul halaman adalah salah satu faktor yang paling penting untuk On-Page SEO. Setiap halaman & posting yang anda buat harus memiliki judul yang unik, judul yang mencakup kata kunci utama untuk halaman tersebut.

Misalnya, Anda bisa menulis tentang resep kue cokelat yang baru-baru ini anda coba. Ketika anda menulis judul mengenai artikel tersebut, sangat penting bagi anda untuk menyertakan frase 'Resep Chocolate Cake' sebagai kata kunci. Anda bisa juga menuliskan judul artikel tersebut dengan frase kunci "Resep Mudah Chocolate Cake " atau " Resep Chocolate Cake untuk anak-anak", dan masih banyak lagi variasi frase dan kata kunci yang bisa digunakan.

Dengan cara ini, setiap kali seseorang mencari Resep Chocolate Cake di mesin pencari, posting Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk muncul pada halaman-halaman awal mesin pencari karena anda telah memasukkan kata kunci tersebut.

2. Meta Deskripsi

Meta Deskripsi adalah salah satu hal penting lainnya dalam On-Page SEO. Banyak orang yang lupa untuk menyertakan meta deskripsi pada halaman mereka. Meta deskripsi merupakan tempat yang penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan mengenai konten website ataupun blog yang anda kelola, karena hal ini akan digunakan oleh mesin pencari ketika halaman anda terdaftar.

Misalnya, jika kita menggunakan contoh 'Chocolate Cake Recipe', kita membuat blog mengenai hal tersebut. Maka meta deskripsi yang tepat untuk halaman tersebut adalah dengan memasukkan kata kunci yang terkait. Seperti , "resep kue coklat yang mudah dan paling lezat dari seluruh kue coklat yang pernah dibuat." Contoh tersebut akan menjadi meta deskripsi yang bagus untuk digunakan, karena relatif singkat, dan berisi sejumlah kata ataupun frase kunci.

3. Meta Tags

Untuk setiap halaman yang anda buat, anda dapat menyertakan satu set kata kunci dalam bentuk meta tag. Semua kata kunci yang akan anda sertakan tersebut harus relevan dengan konten yang anda buat, dan sudah menjadi kewajiban anda untuk menganalisa kata kunci - kata kunci itu terlebih dahulu.

Beberapa orang menggunakan plug-in WordPress yang disebut dengan 'All In One SEO Pack' pada situs mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk memasukkan semua kata kunci untuk meta tag, meta deskripsi dan judul halaman di bagian bawah setiap posting sebelum di terbitkan. Hal Ini dapat mempermudah anda untuk menyisipkan semua informasi tersebut ke dalam format HTML halaman yang anda buat, dan hal ini juga bisa membuat hidup anda sedikit lebih mudah.

4. Struktur URL

Setiap halaman yang anda buat dianjurkan untuk memiliki URL yang "bersahabat" dengan mesin pencari. URL yang bersahabat dengan mesin pencari akan lebih mudah terdeteksi pada saat di lakukan crawl oleh mesin pencari. Halaman-halaman yang memiliki URL pendek tampaknya tampil lebih baik dalam hasil pencarian mesin pencari dari pada halaman-halaman yang memiliki URL panjang, namun tentu hal tersebut bukan satu-satunya faktor dalam menentukan peringkat halaman di mesin pencari. 

Halaman-halaman yang URL-nya menyertakan kata kunci yang ditargetkan juga akan tampil lebih baik daripada Halaman-halaman yang URL-nya tidak menyertakan kata kunci. Lokasi kata kunci tersebut dapat berpengaruh besar. Sebagai misal, site.com/keyword~~MD akan tampil lebih baik dari site.com/365/738/subfolder/keyword dll.

Pembahasan diakhiri dulu sampai disini, silahkan baca artikel di bawah untuk membaca 4 teknik lainnya dalam ON-Page SEO.

Baca juga :
Teknik SEO On-Page (Part 2)

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
3 Alat Untuk Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog Anda
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari
Cara Membuat Konten SEO tanpa Merugikan Pengguna 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.